PENGENALAN DKV

 Desain komunikasi visual (DKV)


Adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari diprogram study DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditunjukkan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.
  
Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk/makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga/perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan dimedia massa, dsb.

Berbeda dari seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksut tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar (target audience) .

  progam study dijuruskan menjadi 3 jalur yaitu: 
- komunikasi grafis
- komunikasi visual periklanan
- komunikasi multimedia
 
Pada dasarnya komunikasi grafis dan komunikasi visual periklanan mengolah bahasa visual pada media statis/diam. Kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. Desainer Grafis mampu membuat logo, desain majalah/surat kabar, rambu (sign system) desain kemasan, paket promosi produk, dll.

Desainer iklan mampu bermain visual dengan menari dan efisien untuk tujuan persuasi.

Sementara komunikasi multimedia mengarah pada dinamis berbasis waktu dan suara (audio). Animasi, desain web, media interaksi hingga peyutradaraan  film adalah contoh pekerjaan desainer multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis dalam karya multimedia. 



Komentar